file /etc/sources.list pada Linux Debian

Description:
file /etc/sources.list merupakan file yang berisi rujukan mesin Debian Anda dalam mencari paket-paket instalasi. Pada file ini dituliskan sumber-sumber paket instalasi ataupun paket source yang akan dikompail ulang.

Ingredients:
su (biar bisa login sebagai root)
vi (atau editor kesayangan Anda)

Directions:
#deb file:///cdrom/ sarge main
sengaja di komentari karena gw ngga mau lagi kalau mo install dia
mesti dimasukin cd lagi 😀

deb http://security.debian.org/ testing/updates main contrib non-free
kalau kamu ngga punya akses internet, komentari aja baris ini dengan memberikan tanda # di awal baris 😀

Perhatian: anak.kambing.vlsm.org pada saat itu harus bisa dijangkau dulu, maksudnya, harus hidup dulu … Kalau tidak, silahkan coba server lain…

–start-setelah-baris-ini
#deb file:///cdrom/ sarge main

deb http://anak.kambing.vlsm.org/debian/ testing main contrib non-free
deb http://anak.kambing.vlsm.org/debian-non-US/ testing/non-US main contrib non-free
deb http://anak.kambing.vlsm.org/debian-security/ woody/updates main contrib non-free

deb-src http://anak.kambing.vlsm.org/debian/ testing main contrib non-free
deb-src http://anak.kambing.vlsm.org/debian-non-US/ testing/non-US main contrib non-free
deb-src http://anak.kambing.vlsm.org/debian-security/ woody/updates main contrib non-free

deb http://security.debian.org/ testing/updates main contrib non-free

Advertisements

file 70debconf.txt pada linux debian untuk JUITA (Jaringan UI TerpAdu)

Description:
Bagi Anda yang ada di JUITA (Jaringan UI TerpAdu), mungkin agak kesulitan saat menginstall debian pertama kali, karena debian otomatis mencoba mengkoneksikan dirinya ke security.debian.org (Internet). sedangkan koneksi internet di JUITA dibawah proxy server (angel atau 152.118.24.10).

Sedangkan paket-paket installasi dari kambing.vlsm.org dapat diakses langsung via LAN tanpa harus proxy (bahkan error kalo lewat proxy). Bagi pemula, (seperti gw) hal ini bisa membuat bingung bagaimana cara mengatasi masalah ini, ternyata solusinya ada di file /etc/apt/apt.conf.d/70debconf.txt

Ingredients:
su
vi (atau editor kesenangan Anda)

Directions:
buka editor kesayangan Anda , lalu buat isi file
/etc/apt/apt.conf.d/70debconf
Anda kira-kira seperti di bawah ini.

Tapi ingat: jangan lupa ubah password proxy nya 😀

—–start-setelah-baris-ini—–
// Pre-configure all packages with debconf before they are installed.
// If you don’t like it, comment it out.
DPkg::Pre-Install-Pkgs {“/usr/sbin/dpkg-preconfigure –apt || true”;};

APT {
Default-Release “testing”;
};

ACQUIRE {
Http {
Proxy {
kambing.vlsm.org “DIRECT”;
security.debian.org “http://user101:password@152.118.24.10:8080/”
};
};
};
—–akhiri-sebelum-baris-ini—–

~ps: berhubung sekarang si Angel (proxy server) sudah “tidak” menggunakan password lagi, maka user dan password tidak boleh diisi, tetapi langsung “http://152.118.24.10:8080”. Akan tetapi, Anda mesti login dulu ke Angel sebelum melakukan update paket ke Internet!

Menginstall XWindows pada Linux Debian

Penjelasan

Linux Debian (bukan untuk pemula) memang agak ngerepotin pemula (termasuk saya) kalau belum pernah nginstallnya. Saya pun sampai sekarang sering lupa urutan ini, sehingga perlu melihat-lihat lagi. Tutorial ini sengaja saya copy paste dari resep saya di http://jazma101.multiply.com/recipes/item/1.

Ringkasan

su
#apt-get update
#apt-get install xserver-xfree86
#apt-get install x-window-system
#apt-get install gdm
#apt-get install gnome-core
#apt-get install xscreensaver
#apt-get install synaptic
/etc/init.d/gdm start

Penjelasan:

Pertama:
Anda harus log in dulu sebagai root! Sudah pasti lah … hehehe
Untuk melakukan installasi paket (software) pada Linux, Anda harus login sebagai root. (Seharusnya sih .. sebenarnya bisa juga di akalin :D)

Kedua: [optional]
#apt-get update
maksudnya: anda ketikkan “apt-get update” pada konsol. Perintah ini untuk update list daptar paket instalasi Anda!

Siapa tahu ada paket yang terbaru kalau anda mau, silahkan upgrade dulu mesin Anda:
#apt-get upgrade
Perintah ini untuk meng upgrade paket installasi.

Ketiga:
apt-get install xserver-xfree86
ini yang pertama kali harus di setup bila Anda ingin install xwindows di debian.
jika anda bingung dengan paket apa yang harus di install, jangan lupa dengan perintah #apt-cache search nama_paket_yang_ingin_dicari

Keempat:
#apt-get install x-window-system
install x-window-system dan konfigurasi

Kelima:
#apt-get install gdm
install gdm

Ke-enam:
#apt-get install gnome-core
install gnome
kalau anda suka pake KDE, silahkan install kde-core (kalo ngga salah sih ini, tapi gw ngga begitu suka KDE sekarang :D)

ke tujuh:
#apt-get install xscreensaver
#apt-get install synaptic
sebenarnya and sudah bisa jalanin gdm nya
pake perintah terakhir:
/etc/init.d/gdm start
tapi, lebih baik install 3 paket tersebut terlebih dahulu sebelum (re)start gdm nya. Alasannya, untuk menghindari pesan-pesan yang tidak penting jika langsung jalanin gdm nya.

tapi, enakan install dulu xscreensaver, dan synaptic
nah kalo synaptic ini adalah semacam pengganti apt-get yang lebih GUI
jadi … anda akan sangat dimudahkan dengannya, tanpa harus pake konsol lagi 😀
Kalau telah di-install synaptic, tidak butuh konsol lagi untuk menginstallnya, selain itu, dengan gui Anda tidak akan direpotkan dengan scroll dengan [Shift][Page UP] atau [Shift][Page Down] jika menggunakan konsol.

*ps: kalo ada yang ngga ngerti, silahkan beri komentar!